Inilah Dampak Negatif Musim Hujan Pada Burung Murai Batu | BirdElite -->

Inilah Dampak Negatif Musim Hujan Pada Burung Murai Batu

Kini kita memsukki bulan November yang mana pada bulan ini sebagian daerah di Indonesia sudah mulai turun hujan. Tentunya untuk pada kicau mania yang memiliki burung Murai Batu, ada baiknya harus wajib waspada, karena hujan bisa berdampak negatif untuk burung Murai Batu.

Dampak Negatif Musim Hujan Bagi Burung Murai Batu


Hujan merupakan sebuah musim yang mempunyai cuaca yang cukup ekstrem. Bahkan terkadang udara dan angin yang berhembus bisa saja sangat dingin dan sangat kencang. Hal tersebut dapat menyebabkan dampak negatif bagi burung Murai Batu.

Inilah Dampak Negatif Musim Hujan Pada Burung Murai Batu

Maka dari itulah anda juga harus memberikan perawatan tambahan untuk burung Murai Batu anda dengan menambahkan pakan EF (Extra Fooding) untuk mengangatkan tubuh serta memberikan asupan multivitamin serta suplemen kesehatan. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda waspadai di musim hujan.

1. Bulu Murai Batu Ngembang atau Gembung


Burung Murai Batu apa bila anda lihat dari fisiknya yang kurang sehat biasanya akan memegarkan bulunya atau gembung. Ini karena suhu udara yang sangat dingin. Selain itu, burung jadi pendiam, murung, dan kurang aktif. Nafsu makan yang tadinya lahap menjadi menurun drastis. Kalau dibiarkan, burung Murai Batu bisa mengalami kematian.

Solusi yang bisa dilakukan dengan menempatkan burung di lokasi yang hangat. Misalnya, burung diletakkan di dalam kamar atau ruangan yang cukup hangat. Jangan lupa, burung Murai Batu didekatkan pada lampu pijar dan dikerodong full agar udara dingin tidak bisa mengganggu kesehatannya. Apabila pada hari tertentu tidak terbit matahari sama sekali, sebaiknya burung tidak dimandikan. Burung dimandikan saat cuaca cerah dan ada sinar matahari saja. Kecuali Anda memiliki lampu pijar yang kehangatannya dapat membuat bulu burung cepat kering, maka hal tersebut tidak masalah dilakukan.

2. Makanan Burung Terkontaminasi


Udara dingin dan lembab saat musim hujan dapat mengubah struktur kimia yang terkandung dalam pakan atau voer. Makanan burung jadi lembab dan mudah jamuran. Pakan yang berjamur dapat mengganggu sistem pencernaan burung. Apapila burung dibiarkan mengonsumsi pakan berjamur dalam waktu lama, maka burung bisa sakit. Bahkan, burung akan cenderung kehilangan nafsu makan. Makanan yang biasanya habis dibuang-buang di dasar sangkar. Selain itu, kotoran burung jadi sedikit dan terlihat encer.

Solusi mengatasi masalah pakan Murai Batu bisa dengan memberikan makanan secukupnya saja. Pastikan porsi pakan yang Anda berikan bisa habis dalam sekali makan. Sehingga, Anda bisa lebih sering mengganti pakan yang baru. Untuk pakan kemasan yang terlanjur dibuka, sebaiknya dimasukkan ke wadah tertutup agar tetap kering.

3. Pakan Extra Fooding Murai Batu


Burung Murai Batu yang kondisi tubuhnya kurang prima dapat diberi pakan EF segar. Sebab, pakan extra fooding dapat meningkatkan suhu tubuh Murai Batu. Salah satu pakan EF yang dapat menghangatkan tubuh burung adalah ulat hongkong. Pemberian pakan seperti ini tidak perlu dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Anda dapat memberikan ulat hongkong saat hujan turun begitu deras atau selama musim hujan. Hati-hati makanan tersebut dapat menyebabkan burung over birahi, sehingga porsi dan jumlahnya perlu diperhatikan.

Itulah beberapa hal yang perlu ada waspadai dari dampak negatif musim hujan pada burung Murai Batu. Hujan memang berkah tapi udara dingin selama musim hujan bisa berdampak buruk pada burung. Apalagi jika tidak ada matahari sama sekali, maka Anda akan kesulitan menjemur burung. Agar burung tetap merasakan kehangatan, tempatkan Murai Batu di ruangan yang hangat tapi sirkulasi udara tetap bagus, pakan UH atau ulat hongkong ditingkatkan, terakhir waspadai pakan voer yang mudah berjamur.

Sekian artikel yang sudah saya bagikan ink tentang Dampak Negatif Musim Hujan pada Burung Murai Batu. Semoga dengan artikel yang cukup singkat ini, bisa bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan terimakasih. Eia satu lagi, jika ada kritik atau saran, bisa langsung menyampaikannya di kolom komentar dibawah ini.

1 Response to "Inilah Dampak Negatif Musim Hujan Pada Burung Murai Batu"

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel