Atasi Kacer Flu atau Batuk dan Sakit Tenggorokan dengan cara berikut | BirdElite -->

Atasi Kacer Flu atau Batuk dan Sakit Tenggorokan dengan cara berikut

Saat memasukki pada musim penghujan, tentunya burung kicau yang kita miliki akan sangat senang dengan datanya musim penghujan tersebut, termasuk salah satu burung kicau satu ini yaitu Kacer. Namun musim penghujan ini tidak hanya akan memberikan efek kesenangan pada burung Kacer tersebut loh, karena pada saat musim hujan, tentunya bisa memberikan dampak buruk juga terhadap kesehatan burung Kacer.

Atasi Kacer Flu atau Batuk dan Sakit Tenggorokan dengan cara berikut

Kenapa demikian? karena pada musim penghujan ini, sangat rentang sekali burung kacer bisa terserang penyakit loh, seperti Batuk atau Flu dan juga Sakit tenggorokan. Lalu, apa saja penyebabnya kacer bisa terserang penyakit batuk atau flu dan sakit tenggorokan? untuk lebih jelsanya, langsung saja simak beberapa penyebabnya berikut ini.

Penyebab Burung Kacer Batuk atau Flu dan Sakit Tenggorokan


Penyakit flu atau batuk dan sakit tenggorokan ini kerap sekali terjadi pada burung yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan batuk atau flu dan sakit tenggorokan pada burung kicauan yaitu adanya angin yang sangat kencang, suhu udara yang terlalu dingin serta adanya hujan lebat yang terjadi sepanjang hari dan juga debu.

Perlu kita ketahui, bahwa burung Kacer lebih menyukai suhu lingkungan yang hangat namun tidak panas yang berlebihan. Maka, sebisa mungkin pada setiap pagi kita harus melakukan penjemuran terhadap burung Kacer agar suhu tubuhnya tetap hangat.

Namun, dalam melakukan penjemuran tidak asal jemur saja loh, kita juga harus tau porsi penjemuran yang pas untuk burung kacer kita. Penjemuran terbaik untuk burung kacer ini hanya sampai jam 10 pagi saja loh. Karena apabila kita melakukan penjemuran lebih dari jam 10, makan cuaca atau sinar matahari akan sangat panas bahkan bisa membahayakan kesehatan burung kacer kita.

Lalu, bagai mana cara mengatasi Kacer yang sudah terkena penyakit batuk atau flu dan sakit tenggorokan? berikut cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Burung Kacer Batuk atau Flu dan Sakit Tenggorokan


Apabila burung kacer yang kita punya sudah terserang penyakit satu ini, maka kita akan sangat kerepotan loh, karena selain membuat kacer malas untuk berkicau, dampak buruk dari penyakit satu ini dapat mengakibatkan kematian loh bagi burung kacer.

Jika burung kacer kita sudah terserang penyakit batuk atau flu ini, sebaiknya kita segera mengatasi dengan mengobatinya. Dan sebaiknya kita melakukan karantina pada burung kacer yang sudah terjangkit penyakit tersebut.

Lalu bagai mana cara mengobati burung kacer batuk atau flu dan sakit tenggorokan? untuk lebih jelasnya, langsung saja simak beberapa cara mengobati burung kacer flu atau batuk dan sakit tenggorokan berikut ini.

1. Penempatan Burung Kacer
Untuk burung kacer yang sudah terkena flu atau batuk dan sakit tenggorokan, sebaiknya kita memindahkan ke tempat yang lebih hangat. Tujuannya agar burung kacer terhindar dari udara yang terlalu dingin dari luar. Kita bisa menggantangkan sangkar burung kacer tersebut di salah satu ruangan di dalam rumah.

2. Mengeluarkan Lendir di Tenggorokan Burung Kacer
Apabila burung kacer terkena sakit tenggorokan hingga menghambat jalur pernafasannya yang bisa menyebabkan burung kacer kita sesak nafas, maka segeralah kita mengeluarkan lendir dari tenggorokannya.

Untuk mengeluarkan lendir di tenggorokan burung kacer, kita bisa menggunakan cotton bud untuk mengambil lendir tersebut. Namun pada saat kita mengelurakan lendir di tenggorokan burung kacer ini, kita harus hati-hati agar burung kacer tidak tersedak. Bahkan kita harus menggunakan cotton bud yang steril agar tetap aman dan terhindar dari penyakit.

3. Memberikan Vitamin dan Makanan Yang Tepat
Kita juga harus memerikan multivitamin dan suplemen untuk burung kacer, supaya bisa mempercepat penyembuhan sakitnya. Makanan burung kacer yang akan kita berikan sebaiknya dengan ukuran yang kecil agar burung kacer lebih mudah untuk menelannya.

Apabila burung kacer kita menyukai jangkrik, maka kita harus berikan jangkrik yang memiliki ukurang kecil, lalu pada bagian kaki jangkrik bisa dibuang agar tidak membuat tenggorokan burung kacer terluka.

4. Melakukan Pemandian Yang Tepat
Untuk burung kacer yang sakit, sebaiknya jangan sering dimandikan. Kita bisa memandikan burung kacer tersebut pada waktu satu atau dua minggu sekali, supaya suhu burung kacer tetap hangat.

5. Menjaga Kebersihan Sangkar
Menjaga kebersihan sangkar ini juga bisa membantu proses penyembuhan burung kacer, karena jika sangkar tersebut kotor dan banyak kotorannya, akan menyebabkan penyakit.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan kali ini tentang Cara mengatasi burung kacer flu atau batuk dan sakit tenggorokan, serta beberapa penyebabnya. Semoga dengan apa yang sudah daya bagikan kali ini, bisa bermanfaat bagi kita para kicau mania. Sekian dan terimakasih

0 Response to "Atasi Kacer Flu atau Batuk dan Sakit Tenggorokan dengan cara berikut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel