Cara Mengobati Kaki Burung Kacer yang Bubulan | BirdElite -->

Cara Mengobati Kaki Burung Kacer yang Bubulan

Mengobati Kaki Burung Kacer yang Bubulan - Penyakit Bubul merupakan penyakit yang biasanya akan menyerang berbagai jenis burung, bahkan ayam. Terjadinya penyakit ini diakibatkan oleh bakteri yang bernama Staphylo Coccus yang biasanya menyerang permukaan kulit, biasanya pada kulit telapak kaki. Penyakit bubul ini sering menyerang pada burung Kacer, namun bisa juga burung lainnya, seperti lovebird, kenari, murai batu, cucak ijo, cendet dan jenis burung lainnya.

Cara Mengobati Kaki Burung Kacer yang Bubulan

Penyakit bubul sebenarnya memiliki tanda-tanda yang bisa dilihat secara teliti apabila akan terjadinya penyakit ini, maka diperlukan kepada para kicau mania untuk berhati-hati dan selalu mengawasi dan memberikan perawatan, dan tentunya harus menjaga kebersihan kandang.

Ciri-ciri Bubul pada Kaki Burung


Berikut ini, merupakan ciri-ciri penyakit bubul yang dapat kita lihat.
  • Terdapat caplak atau kutil dengan tekstur keras
  • Burung terlihat mulai merasakan tidak nyaman
  • Kuku burung memanjang
  • Kaki terlihat membengkak
  • Sisik di kaki melebar dari ukuran aslinya

Setelah anda mengetahui ciri atau tanda dari penyakit bubul seperti di atas, segaralah untuk mengambil tindakan pertolongan. Karena, apabila serangan penyakit bubul ini terus saja dibiarkan, lama-kelamaan infeksi penyakit tersebut juga akan melebar ke seluruh bagian di sekelilingnya dan membesar. Kurangnya kebersihan sangkar burung dan tempat bertengger, bisa menjadi salah satu faktor utama timbulnya penyakit yang dikhawatirkan banyak pencinta burung ini.

Penyebab Terjadinya Bubul Pada Kaki Burung


Bubul merupakan  istilah dari orang Jawa yang pada umumnya penyakit itu memang berasal dari jamur. Kondisi kandang adalah faktor utama yang perlu dijaga. Karena ketika kandang dalam kondisi yang sangat kotor, segala penyakit tentu terkumpul di sana, maka tidak menutup kemungkinan akan mengancam kesehatan Burung.

Jamur senang beranak-pinak di tempat yang jarang dibersihkan dan jauh dari sinar matahari pagi. Jadi, wajib bagi Pencinta Burung untuk memperhatikan kebersihan kandang dan harus mencucinya palingtidak seminggu sekali menggunakan air bersih dan sabun anti bakterial. Dan jangan lupa untuk menjemurnya di bawah sinar matahari langsung sampai benar-benar kering, paling tidak akan memakan waktu setengah jam. Dan disarankan untuk secara rutin melakukannya.

Penyebab lainnya yang menyebabkan burung ocehan terkena penyakit jamur ialah di mana tempat burung tersebut diletakkan. Ruangan yang lembap, gelap dan pengap sangat mendukung jamur untuk mudah tumbuh dan berkembang-biak. Artinya, Anda harus memberikan sirkulasi udara dan pengaturan cahaya yang masuk secara cukup untuk menghindarkan kandang dari terjangkit jamur. Karena selain jamur, bakteri juga tidak bisa berkembang biak dan akan mati apabila terkena sinar matahari yang berasal dari lampu atau sinar matahari itu sendiri.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah dengan menyemprotkan desinfektan pada sudut-sudut ruangan kandang demi membunuh semua bakteri yang ada di sana. Tapi tetap rutinlah dalam melakukan perawatan dan pembersihanterhadap Kandang tersebut agar kebersihannya tetap terjaga. Jangan lupa memperhatikan kebersihan tangkringan juga, karena di situ lah tempat yang selalu menempel dengan kaki burung, yang bisa mempermudah jamur menginfeksi kaki Burung apabila tidak dijaga kebersihannya.

Mencegah Bubul Pada Kaki Burung


1. Menjaga kebersihan kandang, terutama tempat tenggeran.

Perlu dilakukan dan caranya juga tidak sulit, berikut cara membersihkan kandang dan tangkringan:
  • Siapkan Sampo khusus, contohnya merek Jati Jajar, kemudian campurkan dengan air.
  • Buka, dan ambil kayu tangkringan dan lantai dasarnya untuk dibersihkan.
  • Kemudian basahi kayu tangkringan dan lain sangkar dengan air sampo tadi.
  • Gunakan sikat untuk membersihkan lantai sangkar hingga tidak ada bekas makanan atau kotoran Burung yang masih menempel.
  • Pasang kembali peralatan yang sudah di cuci ke dalam sangkar dam letakkan ke tempat semula.
  • Untuk membersihkan kerodong, cukup hanya mencucinya dengan air sampo saja. Dan ini cukup dilakukan seminggu sekali.

2. Menjaga Kebersihan Alas Sangkar.

3. Rutin Membersihkan Kaki Burung.

Mengobati Bubul Pada Kaki Burung



  • Pegang tubuh Burung dengan pelan dan lembut.
  • Mencuci kaki yang terkenal bubul dengan air hangat, ulangi terus sampai bubul menjadi lebih lunak.
  • Lalu keringkan pada daerah yang terkena air, atau bisa dilap dengan kain kering dan bersih.
  • Lalu olesi obat luar berupa salep anti jamur seperti canestin, daktarin, betason N, salep88, dan lain sebagainya.
  • Jangan memandikan Burung selama 2 hari setelah pemberian salep.
  • Setelah 2 hari, cuci kembali kaki Burung menggunakan air hangat, olesi salep lagi, dilakukan secara rutin selama 3 minggu.
  • Tanda yang paling menonjol ketika Burung kesayangan Anda mulai sembuh adalah pada bagian kaki yang mengering dan mulai mengelupas.

Bagaimana. sudah jelas bukan?. Itulah tips yang bisa saya bagikan kali ini tentang Cara Mengobati Kaki Burung Kacer yang Bubulan. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasi telah berkunjung ke blog kami.

1 Response to "Cara Mengobati Kaki Burung Kacer yang Bubulan"

  1. Cara Mengobati Kaki Burung Kacer Yang Bubulan >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Mengobati Kaki Burung Kacer Yang Bubulan >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Mengobati Kaki Burung Kacer Yang Bubulan >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel