Cara Menyetel Atau Mengontrol Birahi Lovebird Untuk Lomba | BirdElite -->

Cara Menyetel Atau Mengontrol Birahi Lovebird Untuk Lomba

Cara Menyetel Atau Mengontrol Birahi Lovebird Untuk Lomba - Burung Lovebird merupakan burung kicau yang bukan type petarung (fighter) , maka dari itu saat akan dilombakan burung ini tidak selalu berada dalam kondisi yang selalu top. Tentunya jika burung ini tidak dalam kondisi top,nanti pada saat di ajang perlombaan mental burung akan mlempem. Supaya burung Lovebird bisa mempunyai mental yang top, burung ini harus disetel birahinya sebelum dibawa di ajang perlombaan. Sebenarnya top atau tidaknya birahi pada burung Lovebird tergantung dari pemberian nutrisi pada burung tersebut.

Cara Menyetel Atau Mengontrol Birahi Lovebird Untuk Lomba

Seperti yang kita ketahui bersama, keperluan nutrisi dasar lovebird yaitu millet putih.Namun pemberian millet putih tidak akan menyebabkan birahi lovebird meningkat atau dalam bahasa sederhanannya millet putih masih bersifat netral.Terus bagaimana cara untuk bisa meningkatkan birahi pada burung loverbird tersebut, cara meningkatkan birahi burung loverbird yaitu dengan memberikan extra fooding seperti biji matahari, jagung muda, kroto maupun kangkung.Beberapa jenis makanan ini lah yang akan berperan penting untuk meningkatkan birahi pada burung lovebird.

Dan karena tujuan utamanya adalah bagaimana cara agar birahinya bisa optimal saat lomba, otomatis pemberian EF bisa digencarkan sehari menjelang lomba (H-1). Untuk lebih jelasnya lagi tentang cara menyetel birahi burung loverbird, mari simak informasi lengkapnya sudah kami rangkum dibawah ini.

Cara Menyetel Birahi Lovebird Untuk Lomba


  • Aktivitas harian dimulai pukul 06.30. Burung dikeluarkan dan langsung dijemur.
  • Saat penjemuran, sediakan pula cepuk berisi air yang digunakan untuk mandi burung. Ini merupakan cara yang biasa dilakukan Om Yayat. Jika Anda terbiasa memandikan lovebird dengan cara disemprot atau menggunakan karamba, sebaiknya teruskan saja kebiasaan tersebut.
  • Aktivitas mandi dan jemur bisa dilakukan bersamaan dengan burung master yang biasa mendampingi lovebird, misalnya cucak jenggot dan kenari. Artinya, sangkar bisa digantang berjejer. Tetapi lovebird jangan dijemur berdekatan dengan lovebird lainnya. “Kalau sekadar mendengar suara lovebird lainnya ya boleh saja,” kata Om Yayat.
  • Sekitar pukul 09.30, burung diangkat dari penjemuran, dan diangin-anginkan sebentar. Demikian pula dengan burung masternya.
  • Selanjutnya, burung dikerodong dan ditaruh di gantangan biasanya. Burung master tetap didekatkan dengan sangkar lovebird.

Itulah sedikit informasi mengenai Cara Menyetel Atau Mengontrol Birahi Lovebird Untuk Lomba yang bisa kami informasikan kepada para kicau mania. Semoga dengan adanya info ini, burung loverbird anda akan mempunyai birahi yang bagus saat perlombaan dan bisa menjadi juara seperti yang anda inginkan. Namun yang perlu di ingat untuk anda, sebenarnya untuk mempunyai burung loverbird yang berkualitas dengan suara kicauan yang merdu dan tinggi anda perlu melakukan perawatan harian burung loverbird dengan benar. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menyetel Atau Mengontrol Birahi Lovebird Untuk Lomba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel