Cara Aman Membawa Burung Jarak Jauh Agar Tidak Stres | BirdElite -->

Cara Aman Membawa Burung Jarak Jauh Agar Tidak Stres

Tentunya seseorang yang melakukan perjalan dengan jarak yang jauh, tentunya akan kelelahan. Apalagi jika seekor burung yang dibawa dengan jarak yang jauh menggunakan kendaraan, tentunya burung tersebut bisa mengalami stres apabila perlakukan dalam cara membawanya tidak benar. Untuk mengantisipasi nya, sebaiknya ketika kita akan membawa burung dengan jarak jauh, kita harus belajar dulu tentang tata caranya, supaya burung yang kita bawa tersebut tidak mengalami stres.

Cara Aman Membawa Burung Jarak Jauh Agar Tidak Stres

Untuk menempuh perjalan yang jaraknya jauh, sebaiknya kita menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Karena dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil kita bisa menentukan sendiri kapan harus beristirahat atau mulai perjalanan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Apabila kita menggunakan kendaran umum, tentunya akan merepotkan dan bisa saja mengganggu orang lain nya kan.

Tips Membawa Burung Jarak Jauh dengan Aman


Perjalanan jauh yang dapat menempuh waktu sampai 3 jam lebih tentunya membutuhkan tenaga dan waktu yang lama. Kita harus bisa menentukan kapan dan dimana tempat untuk istirahat. Karena bukan hanya kita, burung yang kita bawapun membutuhkan istirahat dan menghirup udara segar dan keluar dari goncangan selama dalam perjalanan.

1. Perjalanan Malam Hari


Untuk menghindari udara panas yang berlebihan selama di jalan, Anda dapat berkendara malam hari. Sebab, malam hari biasanya lebih cepat dan jarang sekali macet. Selain itu, udara malam tidak panas dan lebih aman untuk burung. Anda bisa mulai perjalanan jauh setelah Solat Isya agar nanti bisa sampai di tempat tujuan pagi hari. Saat malam, pastikan Anda beristirahat di tempat yang aman, karena kejahatan sering mengincar pengendara di malam hari dan di tempat yang sepi. Jadi, istirahatlah di penginapan atau tempat-tempat yang ramai.

2. Perhitungkan Jarak dan Waktu


Anda harus bisa memperhitungkan jarak dan waktu selama di perjalanan. Misalnya, perjalanan dengan burung membutuhkan waktu 3 jam, maka Anda setidaknya harus beristirahat satu kali agar burung tidak stres. Kalau perjalanan jauh membutuhkan waktu 3 jam, maka Anda dapat berangkat jam 18.00 sore. Alasannya, agar Anda nanti sampai di tempat tujuan tidak terlalu malam. Anda juga bisa beristirahat lebih lama.

3. Persiapkan Perlengkapan Burung


Saat perjalanan jauh, yang dipersiapkan tidak hanya uang, pakaian, dan tenaga. Anda juga harus menyiapkan perlengkapan burung, pakan, air, semprotan, kerodong, dan multivitamin. Setidaknya, Anda membawa air sendiri karena air di tempat lain mungkin kadar PH nya berbeda. Untuk pakan extra fooding hidup atau sayur-sayuran sebaiknya Anda membeli di tempat tujuan. Kalau bawa pakan EF dari rumah kemungkinan akan mati dan layu. Jadi, sebaiknya Anda mencarinya di lokasi tujuan saja.

4. Posisi Burung di dalam Mobil


Kendaraan pribadi seperti mobil mempunyai ruang lega di bagian tengah dan belakang. Ini untuk mobil 8 tempat duduk. Jadi, 3 kursi belakang dilepas sehingga bisa untuk meletakkan burung dan barang bawaan lainnya. Namun, lebih bagus apabila burung diletakkan di tengah yang minim goncangan. Kalau burung diletakkan di belakang, itu tepat di atas roda belakang, sehingga goncangan lebih keras.

Lebih baik, burung diletakkan di tengah dengan alas yang empuk atau di atas jok kursi mobil untuk meminimalisir goncangan, tubrukan, dan gesekan sangkar dengan jendela mobil. Ini bisa membuat burung nyaman dan menjaga agar sangkar tidak rusak. Di samping itu, arahkan tangkringan burung menghadap ke depan agar burung tidak mual selama di perjalanan. Jangan lupa tetap sediakan pakan dan minum secukupnya agar burung tidak kelaparan. Bagian cepuk air minum bisa diberi tisu yang tidak beraroma agar tidak mudah tumpah.

5. Sering Istirahat di Perjalanan


Untuk menjaga kondisi Anda dan burung peliharaan, Anda harus sering-sering beristirahat. Anda sebisa mungkin harus berhenti dari kendaraan, matikan mesin, dan buka jendela. Kalau memungkinkan keluarkan sangkar burung agar burung tidak stres. Buka kerodong dan biarkan burung bernapas dengan lega. Periksa pakan dan minum apakah masih ada atau sudah habis. Jika habis atau tumpah, maka isi ulang lagi pakan dan minumnya. Kalau perjalanan malam, mungkin burung tidak kepanasan sehingga tidak perlu disemprot. Namun, bila burung kegerahan, semprot saja sedikit dan diangin-anginkan.

6. Info Lokasi Lomba


Apabila Anda bepergian untuk menghadiri suatu perlombaan, maka Anda harus mengetahui lokasi lombanya. Pastikan Anda datang jauh lebih awal dari waktu dimulainya lomba tersebut. Sehingga Anda dapat beristirahat dan menyiapkan burung sebelum lomba. Anda juga harus mencari penginapan atau hotel di dekat lokasi lomba. Selain itu, pastikan Anda juga mengetahui tempat-tempat berjualan pakan dan perlengkapan burung lainnya di lokasi tersebut. Jangan segan bertanya ke penduduk sekitar atau menggunakan Google Maps, agar Anda tidak tersesat.

7. Pelan dan Pilih Jalan yang Tidak Macet


Sekarang sudah ada Google Maps, sehingga Anda dapat menghindari kemacetan dengan mudah. Walau nanti Anda harus melewati jalan yang lebih jauh, tapi kalau jalannya lengang dan bebas hambatan tidak masalah. Anda sebaiknya juga melaju pelan menuju ke sedang. Jangan ngebut atau terlalu cepat untuk mengurangi goncangan. Pasalnya, jalanan di malam hari tidak terlihat. Bisa saja, di jalan ada lubang atau sesuatu yang dapat menyebahkan goncangan keras. Sehingga Anda harus waspada selama berkendara sambil membawa burung kesayangan.

8. Sampai di Tempat Tujuan


Segera setelah sampai tempat tujuan, keluarkan burung dari mobil dan tempatkan di lokasi yang tenang, sejuk, dan aman. Apabila tempat tujuannya Anda adalah hotel, pastikan Anda boleh membawa burung ke dalam kamar hotel. Sebelumnya, Anda harus melakukan survei atau menanyakan ke beberapa hotel yang bisa membawa hewan peliharaan. Namun, jika tempat tujuan Anda merupakan kampung halaman atau rumah saudara, Anda bebas mau meletakkan burung di mana saja. Anda bisa menaruhnya di teras, belakang rumah, dan lain-lain.

Demikian tips yang bisa saya bagikan kali ini tentang Cara Aman Membawa Burung Jarak Jauh Agar Tidak Stres. Semoga dengan artikel yang cukup singkat ini, bisa bermanfaat dan berguna untuk kita semua para kicau mania. Selamat mencoba dan terimakasih.

1 Response to "Cara Aman Membawa Burung Jarak Jauh Agar Tidak Stres"

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel