Cara Perawatan Burung Cucak Ijo Mabung Atau Nyulam Agar Cepat Selesai | BirdElite -->

Cara Perawatan Burung Cucak Ijo Mabung Atau Nyulam Agar Cepat Selesai

Pasti kita semua tentunya sudah tahu kan , kalau semua jenis burung tentunya pasti akan mengalami proses mabung atau nyulam, itu juga tentunya akan di alami oleh burung Cucak Ijo. Burung Cucak Ijo yang didominasi bulu dengan warna hijau ini akan merontokkan bulunya saat mengalami proses mabung.

Cara Perawatan Burung Cucak Ijo Mabung Atau Nyulam Agar Cepat Selesai

Maka anda tidak perlu khawatir apabila anda melihat burung Cucak Ijo anda mulai menjatuhkan bulu-bulunya satu persatu. Karena hal tersebut merupakan hal yang biasa untuk burung Cucak Ijo. Dan biasanya proses mabung ini biasanya akan terjadi setahun sebanyak 1-2 kali.

Kapan dan Berapa Lama Burung Cucak Ijo Mabung?


Biasanya burung Cucak Ijo mabung, nyulam ataupun moulting akan terjadi sekitar 1-2 kali dalam satu tahun. Berapa lama mabungnya? Biasanya Cucak Ijo mabung bisa memakan waktu selama 1-4 bulan, akan tetapi rata-rata 3 bulan-pun sudah selesai nyulam loh.

Namun, yang perlu anda ingat bahwa, cepat dan lambatnya proses mabung itu tergantung dengan kondisi burung serta perawatannya. Karena burung yang sedang mengalami proses mabung, maka tubuhnya akan tersa sakit dan lemah, dan ada juga burung Cucak Ijo yang hanya diam dan tidak bunyi pada saat proses mabung itu.

Sebabnya dalam proses lepasnya bulu dan pertumbuhan bulu seperti jarum merupakan proses yang cukup menyakitkan. Sehingga perawatan untuk Cucak Ijo nyulam ini perlu disesuaikan dengan kondisi tubuhnya.

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung Agar Cepat Selesai


Untuk perawatan burung Cucak Ijo pada saat mabung, sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan mengurangi mandi, jemur dan harus lebih sering di krodong serta dengan memberikan EF (Extra Fooding) sebanyak mungkin supaya mabung cepat selesai.

1. Mandi

Saat burung Cucak Ijo sedang mabung atau ngurak, sebaiknya burung jarang dimandikan. Jika biasanya burung mandi setiap hari, maka saat mabung mandikan seminggu sekali. Proses memandikan Cucak Ijo bisa dengan semprot halus jarak jauh agar tidak menyakiti tubuhnya.

2. Jemur

Untuk proses jemur, Cucak Ijo tidak perlu dijemur. Burung ini baru boleh dijemur, apabila bulu-bulunya sudah mulai tumbuh. Alasannya, sinar matahari yang panas dapat menutup pori-pori sehingga bulu-bulu lama akan sulit berjatuhan. Selain itu, matahari juga bisa mengakibatkan bulu-bulu baru Cucak Ijo keriting. Oleh sebab itu, saat bulu-bulu mulai tumbuh, burung bisa dijemur kurang lebih sekitar 15 menit saja. Kalau bulu sudah kuat atau 1 bulan setelah mabung, durasi penjemuran Cucak Ijo bisa ditingkatkan.

3. Kandang

Burung Cucak Ijo yang sedang ngurak, kandangnya harus full kerodong. Oh iya, kerodong cuma dibuka saat pagi hari bersamaan dengan pemberian pakan atau ganti minuman. Pembersihan kandang burung cukup seminggu sekali, tapi kalau terlalu kotor, Anda dapat membersihkan kandang 3 hari sekali.

4. Pakan Extra Fooding

Pemberian pakan extra fooding atau EF pada Cucak Ijo bisa berupa ulat kandang (UK), ulat hongkong (UH), dan jangkrik. Sediakan banyak pakan EF yang sifatnya panas sehingga dapat mempercepat Cucak Ijo selesai mabung. Kalau perlu tambahkan larva tawon agar mabung Cucak Ijo cepat selesai.

Saat bulu baru bermunculan, Anda dapat memberikan jangkrik dalam porsi yang banyak. Untuk menambah nutrisi dan meningkatkan kesehatan, Anda dapat mengolesi permukaan tubuh jangkrik dengan minyak ikan. Manfaat pemberian jangkrik dan minyak ikan agar selesai mabung, Cucak Ijo memiliki bulu yang lebih sehat, kuat, dan mengilap.

5. Pemasteran

Proses pemasteran selama mabung merupakan saat yang tepat. Pasalnya, burung mabung cenderung fokus dan berdiam diri. Sehingga suara isian masteran dapat terserap dengan baik dan masuk ke memori otaknya.

Materi suara masteran bisa burung Cucak Jenggot, burung Gereja, burung Cililin, Lovebird, Ciblek Kebun, dan burung Kenari. Kalau pemasteran dengan burung asli dapat dilakukan dengan jarak 2-4 meter dan burung yang dimaster harus dikerodong. Untuk pemasteran menggunakan audio MP3 dapat dilakukan maksimal 3 jenis suara burung. Contoh masteran burung Gereja, burung Cucak Jenggot, dan Cililin.

6. Jauhkan dari Burung Sejenis

Burung Cucak Ijo yang sedang nyulam harus dijauhkan dari burung sejenis. Kalau keduanya dibiarkan dalam jarak dekat, burung bisa saling berkicau bersahut-sahutan. Hal ini menjadikan Cucak Ijo kalah mental dan bahkan macet bunyi. Sebaiknya burung Cucak Ijo dibiarkan istirahat agar fokus menjatuhkan bulunya. Jangan dipaksa untuk berkicau ataupun ikut lomba. Hal tersebut justru akan menjatuhkan mental, membuatnya stres, dan menyiksa tubuhnya.

Demikian tips tentang Cara Perawatan Burung Cucak Ijo Mabung Agar Cepat Selesai. Burung mabung sejatinya cuma membutuhkan tempat menyendiri agar dia bisa beristirahat untuk merontokkan bulunya. Jangan ganggu burung Cucak Hijau yang sedang moulting karena dapat membuatnya stres dan gagal mabung. Proses mabung, ngurak, nyulam, atau moulting bisa berjalan cepat dan lambat, tergantung dari kondisi burung serta perawatan. Jadi berikan perawatan sebaik mungkin agar burung cepat menyelesaikan mabungnya.

Sekian artikel yang sudah saya bahas ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua para kicau mania terutama bagi penggemar burung Cucak Ijo. Apa bila ada yang ingin anda tanyakan, bisa langsung memberikan komentar pada kolom komentar yang sudah saya sediakan dibawah ini. Terimakasih.

2 Responses to "Cara Perawatan Burung Cucak Ijo Mabung Atau Nyulam Agar Cepat Selesai"

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel