Cara Mengobati Lovebird Nyilet atau Kurus | BirdElite -->

Cara Mengobati Lovebird Nyilet atau Kurus

Cara Mengobati Lovebird Nyilet atau Kurus - Burung yang berakhir nyilet dan mati adalah kesalahan terbesar seorang penangkar burung. Meski nyilet bisa saja disebabkan oleh hal lain, namun semua itu masih terpaut dalam bagaimana Anda merawatnya. Nyilet merupakan istilah yang menggambarkan burung kurus tinggal tulang dan kulit karena kurangnya perawatan harian.

Beberapa ciri lovebird nyilet yang utamanya adalah burung terlihat kurus, dada membusung Karena tulang, kadang kali bulu terlihat rusak, dan lemas. Akibat terburuk yang bisa disebabkan oleh nyilet adalah kematian. Jika Anda tak ingin burung Anda berakhir nyilet, maka perhatikan apa penyebab dan cara mengatasi lovebird nyilet yang baik dan benar agar tak terjadi hal yang tak diinginkan. Karena setiap apa yang terjadi pada lovebird kita, tentunya didasai dengan adanya penyebabnya. hehe

Cara Mengobati Lovebird Nyilet atau Kurus

Penyebab Lovebird Nyilet atau Kurus

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya Nyilet atau Kurus pada burung Lovebird :

1. Kurang Pakan
Ini menjadi masalah utama jika burung terlihat kurus yakni kurangnya asupan makanan dalam perutnya. Tidak hanya semata-mata membuat burung menjadi kenyang dengan kandungan karbohidrat tinggi, tapi Anda harus tetap menjaga asupan nutrisi lainnya seperti vitamin, proitein, mineral, dan lainnya. Gizi yang cukup akan membuat burung menjadi terisi dan sehat.

2. Kurang Perawatan
Pemberian makanan menjadi salah satunya, namun perawatan di sini lebih ditekankan tentang bagaimana Anda dalam memandikannya, menjemurnya, pemasteran, dan lainnya. Semuanya bisa saja menjadi penyebab nyilet seperti misalnya mandi dan penjemuran yang sangat jarang atau bahkan tidak pernah sama sekali yang bisa mengakibatkan virus atau kutu-kutu yang menggrogoti dari luar.

3. Gondok
Jenis penyakit ini tidak hanya menghampiri manusia namun juga menjadi jenis penyakit yang cukup berbahaya untuk si burung khususnya lovebird. Penyakit ini jika tak dirawat dan melakukan pertolongan pertama dengan capat bisa berujung kematian dan hal itu mutlak. Maka dari itu, jika Anda mendapati burung Anda mengidap penyakit ini jangan hanya tinggal di tempat. Sama seperti ciri pada umumnya, gondok bisa terlihat pada bagian leher burung.

4. Cacingan
Penyakit ini juga bisa membuat manusia menjadi kurus, rasanya juga wajar jika juga terjadi pada mahluk lain seperti burung lovebird. Ciri burung cacingan adalah kurus dan kurang nafsu makan. Sebaiknya sebelum diberi makan Anda perhatikan terlebih dahulu kebersihkan makanan tersebut.

5. Keracunan Logam Sangkar
Sangkar yang terbuat dengan logam berat cenderung bisa mengakibatkan burung menjadi sakit dan akhirnya menjadi nyilet. Meski semua burung berbeda-beda pertahanan tubuhnya, namun keracunan seperti ini bisa terjadi pada burung yang lemah.

6. Kutu dan Tungau
Kutu bahkan tungau bisa mengakibatkan burung menjadi malas berkicau, makan dan minum karena selalu terganggu akibat gatal yang diakibatkan oleh kutu. Selain itu, kutu juga bisa menghisap darah pada burung yang bisa membuat burung menjadi nyilet.

7. Gangguan Pada Paruh
Kesehatan paruh yang buruk bisa berdampak pada burung seperti menjadi malas makan minum atau bahkan sampai tak mau berkicau. Karena itulah perhatikan kesehatan paruh burung Anda. Tidak hanya paruh, semua yang ada di tubuh lovebird Anda sangat wajib untuk Anda tinjau terus.

Dengan beberapa penyebab diata, tentunya kita pakan dengan mudah tahu dan dapat mengantisipasinya supaya lovebird kita tidak mengalami nyilet atau kurus.

Namun bagai mana jika Lovebird sudah terkina Nyilet atau Kurus ? lalu bagai mana mengobatinya ? Untuk cara mengobati lovebird nyilet atau kurus, kita bisa mengikuti beberapa tips berikut.

Cara Mengatasi Lovebird Nyilet atau Kurus

1. Pemberian Obat Cacing
Untuk lovebird nyilet karena cacing, maka berikanlah obat cacing seperti combantrin. Pemberian bisa dilakukan secara langsung atau jika ingin cepat dan ampuh, cobalah untuk puasakan burung Anda dan berikan hanya air mineral saja. Gunanya karena obat ini akan cepat larut jika dengan air dan berefek lebih baik dari pemberian normal. Hal ini bisa dilakukan jika memungkinkan. Dengan proses ini, cacing bisa keluar dari dubur burung dan tarik sehingga cacing tak bisa masuk lagi ke tubuh burung.

2. Rutin Memberikan Makan dan Minum
Pemberian makanan yang baik serta pemberian air di capuk yang selalu full adalah pengetahuan dasar dan wajib dilakukan oleh seluruh penangkar. Jangan pernah memberikan burung Anda kelaparan karena hal itu bisa berakibat buruk seperti nyilet. Tidak hanya membuat kenyang, asupan nutrisi harus terjaga.

3. Proses Mandi dan Penjemuran
Ada baiknya Anda mulai dengan melakukan proses pengembunan selama 30 menit sampai 1 jam, bisa dimulai pada pukul 4.00 atau 5.30 kemudian dimandikan dan dijemur selama 1 sampai 2 jam sebelum pukul 11 siang. Proses ini bisa membantu membersihkan kulit luar dan bulu-bulu lovebird agar terhindar dari kutu dan tungau.

4. Konsultasi dengan Ahli atau Dokter Hewan
Pada umumnya, nyilet merupakan jenis penyakit yang bisa berakibat kematian jika dibiarkan begitu saja. Untuk itu, jika Anda sangat bingun dan tak tahu harus berbuat apa, maka tanya pada yang sudah berpengalaman atau langsung ke dokternya saja. Dengan begitu, penanganan bisa lebih mudah dan cepat.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi lovebird nyilet yang baik dan benar. Bisa ditarik kesimpulan, semuanya tergantung dari bagaimana Anda merawatnya. Anda yang merawat tidak baik akan bisa mengakibatkan banyak penyakit seperti salah satunya adalah nyilet. Perawatan adalah Wajib, karena burung tidak tinggai di alam liar. Semoga dengan artikel yang cukup singkat ini, bisa bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Cara Mengobati Lovebird Nyilet atau Kurus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel