Tips Supaya Burung Cendet Atau Pentet Nagen Saat Lomba | BirdElite -->

Tips Supaya Burung Cendet Atau Pentet Nagen Saat Lomba

Tips Supaya Burung Cendet Atau Pentet Nagen Saat Lomba - Pasti anda sering melihat burung cendet yang tidak bisa nagen malah salto dan monting kesana-kemari sambil berkicau ketika lomba (latber dan latpres). Hal tersebut tentu membuat pemilik burung menjadi gelisah karena juri pastinya akan lebih melirik burung cendet yang berdiri nagen sambil berkicau. Karena burung cendet yang nagen saat lomba tentu akan memiliki penilaian yang lebih dari para juri dan penonton. Penyebab kenapa burung tidak nagen saat lomba bisa karena burung sedang over birahi, burung masih terlalu muda dan belum siap untuk lomba, setelan EF harian dan setelan EF menjelang lomba yang kurang pas, atau bisa juga karena perawatan burung yang tidak tepat.

Untuk itu diperlukan pengetahuan dan perawatan khusus agar burung cendet nagen saat lomba. Setelan cendet nagen saat lomba sebenarnya bukanlah sebuah pakem yang ketika burung cendet disetting dengan setelan tersebut dijamin bisa nagen saat lomba. Tapi setelan cendet nagen ini bermacam-macam dan bervariasi, semua tergantung dari karakter burung masing-masing, karena burung cendet yang satu dengan yang lainnya tentu memiliki karakter yang berbeda-beda yang tentunya memiliki setelan yang berbeda pula. Langsung saja yuk simak beberapa tips membuat Burung Cendet Atau Pentet Nagen Saat Lomba berikut.

Tips Supaya Burung Cendet Atau Pentet Nagen Saat Lomba

Tips Supaya Burung Cendet Atau Pentet Nagen Saat Lomba

  • Pastikan anda memilih burung cendet jantan, kalau bisa cendet madura full kepala hitam, dada putih yang memiliki mental tempur yang baik dan suara kasar dan ngeplong.
  • Lakukan perawatan harian secara rutin, karena merawat burung cendet itu gampang-gampang susah. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam perawatan sehari-hari, untuk menghasilkan cendet yang nagen dan gacor.
  • Pastikan setelan ekstra fooding yang anda berikan pas sesuai dengan karakter burung, karena burung yang kebanyakan EF akan cenderung over birahi sehingga lebih suka salto dan monting saat lomba, sedangkan burung yang setelan EF nya terlalu sedikit akan kurang ngotot dan mudah loyo.
  • Mandikan dan bersihkan kandang dari kotoran setiap pagi secara rutin, jangan lupa pula untuk menambahkan atau mengganti voer dan air minum setiap hari. Memandikan burung cendet yang ideal adalah pada jam 07.30, kemudian dijemur kurang lebih 2 jam. Batas maksimal penjemuran adalah sekitar jam 11.00, karena jika sudah diatas jam 11 matahari sudah terlalu panas, sehingga justru tidak baik untuk kesehatan burung.
  • Lakukan terapi mandi sauna agar cendet bisa ramping dan nagen saat lomba, karena terapi mandi sauna terbukti dapat membuat cendet menjadi ramping dan meningkatkan performa burung cendet.
  • Setelah dijemur, lakukan pengerodongan burung cendet anda sambil diperdengarkan suara masteran sampai sore hari.
  • Pada sore harinya, kerodong dibuka dan diangin-anginkan sebentar sambil diberikan EF berupa jangkrik sebanyak 3 ekor. Lalu burung kembali dikerodong dan dimasukkan kedalam rumah.
  • Malam hari sekitar pukul 08.00 lakukan terapi mandi sauna pada burung cendet anda, agar burung cendet menjadi nagen saat lomba, karena terapi mandi sauna sangat bagus untuk menstabilkan birahi burung dan membuat burung tidak lagi monting dan salto. (cara mengatasi cendet yang suka salto)
  • Setelah itu burung kembali dikerodong dan diperdengarkan suara masteran sampai pagi hari.
  • Sebelum dilombakan, pastikan anda melakukan perawatan dan jelang lomba dengan tepat agar performa cendet bisa maksimal saat lomba. Setelan jelang lomba terasebut biasanya dilakukan 3 sampai 7 hari sebelum lomba (H-3 sampai H-7)

Sekian tips yang bisa saya bagikan kali ini tentang cara Supaya Burung Cendet Atau Pentet Nagen Saat Lomba, Semoga dengan apa yang sudah saya sampaikan ini, bisa bermanfaat dan berguna untuk kita semua, selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Tips Supaya Burung Cendet Atau Pentet Nagen Saat Lomba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel