Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Sering Melet saat di Gantang | BirdElite -->

Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Sering Melet saat di Gantang

Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Sering Melet saat di Gantang - Burung cucak ijo sering melet (menjulurkan lidah) terjadi pada saat burung cucak ijo tersebut sedang birahi yang tidak stabil, terlebih kalau burung sedang mengalami birahi yang tinggi maka dapat dipastikan burung akan sering melet seperti kepanasan padahal tidak sedang dijemur. Selain sering melet melet burung cucak ijo yang sedang over birahi juga mengeluarkan suara krek krek krek jika sedang didekati/ digoda tangan.

Namun, masih banyak juga yang belum mengetahui tentang cara untuk mengatasinya, maka daripada itulah saya disini akan mencoba untuk membagikan sebuah tips tentanf mengatasi cucak ijo sering melet atau menjulurkan lidahh saat di gantangkan, sebelum membahasnya lebih lanjut, kita harus mengetahui asal muasal atau sebab hal tersebut.

Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Sering Melet saat di Gantang

Penyebab Cucak Ijo Sering Melet

Perilaku melet pada cucak ijo sering disebabkan oleh pemberian EF berlebihan yang mengakibatkan over birahi, contohnya seperti pemberian ulat hongkong ataupun jangkrik. Melet juga terjadi karena burung jarang dimandikan maka kita harus mengetahui karakter burung kita apakah pemberian pakan ataupun cara mandi jemur sudah sesuai dengan kemauan burung tersebut atau belum.

Cucak Ijo melet sering juga terjadi setelah lomba akibat tingginya setelan/ pemberian EF yang kita berikan. Untuk itu, untuk meminimalisir masalah ini, sebaiknya Cucak Ijo segera dimandikan setelah selesai lomba serta mengembalikan setingan seperti semula. Hal ini bertujuan untuk menurunkan dan mengembalikan birahi Cucak Ijo pada level yang semestinya. Jika tidak, Cucak Ijo berpotensi mengalami melet.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Sering Melet atau Menjulurkan Lidah

Karena kita sudah mengetahui kenapa cucak hijau suka melet maka langkah selanjutnya adalah cara mengatasi kebiasaan meletnya itu, cara terbaik untuk menurunkan birahi Cucak Ijo adalah dengan memberikan buah pepaya.

Buah pepaya ini tergolong sangat manjur dalam menurunkan birahi Cucak Ijo. Untuk itu, jika kita sering memberikan buah pisang untuk setelan hariannya maka gantilah buah tersebut dengan buah pepaya sampai kebiasaan melet hilang.

Selama kita memberikan pepaya, sebaiknya setelan harian sedikit dikurangi, jika kita sering memberikan ulat hongkong sebagai tambahan EF maka hentikan dulu, jika kita sering memberikan jangkrik 5 ekor pagi dan sore hari maka berikan saja 3 ekor pagi dan sore hari. Namun untuk mandi, bisa menambahkan jam mandi untuk meredamkan birahi yang berlebih.  Selain itu, jangan sampai Cucak Ijo mendengar suara burung sejenis. Sebab, suara burung sejenis sangat berisiko dalam menaikkan birahi cucak ijo.

Jika burung anda masih mengalami melet atau masih sering menjulurkan lidah nya, walaupun kita sudah melakukan tips diatas maka kita perlu untuk menurunkan burahinya, namun kalau kebiasaan melet sudah hilang itu berarti burung sudah tidak mengalami over birahi maka kita perlu mencari setingan yang pas agar cucak ijo tidak mengalami melet lagi.

0 Response to "Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Sering Melet saat di Gantang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel