Cara Mengatasi Lovebird Gigit Ruji (Ngeruji) Saat Ngekek Panjang | BirdElite -->

Cara Mengatasi Lovebird Gigit Ruji (Ngeruji) Saat Ngekek Panjang

Cara Mengatasi Lovebird Gigit Ruji (Ngeruji) Saat Ngekek Panjang - Gigit ruji, ngeruji, ngerekel dan merambat merupakan hal yang kurang bagus ketika lovebird sedang ngekek panjang. Selain gigit ruji pada lovebird ketika sedang ngekek pada perlombaan dapat mengurangi jumlah poin. Hal tersebut dapat berdampak buruk bagi pemilik maupun lovebird itu sendiri.

Lovebird merupakan burung yang unik karena memiliki suara yang indah dengan penampilan yang color full. Bernama lain burung cinta ini bahkan termasuk burung istimewa yang memiliki perawatan di atas rata-rata. Untuk perawatan harian burung cinta ini sendiri terbilang susah-susah gampang karena memerlukan biaya yang tak sedikit. Namun memiliki basik yang mirip dengan perawatan burung lainnya. Akan tetapi sering kali lovebird memiliki masalah tersendiri yang mungkin bisa membuat Anda risih dan mau memperbaikinya. Beberapa diantaranya adalah malas ngekek atau macet bunyi, gesek tangkringan, dan gigit ruji maupun ngeruji. Bagi Anda yang mengalami masalah burung lovebird ngeruji, Anda harus tahu betul seperti apa penyebab dan cara mengatasi lovebird gigit ruji.

Cara Mengatasi Lovebird Gigit Ruji (Ngeruji) Saat Ngekek Panjang

Gigit ruji atau bisa diartikan juga dengan ngeruji adalah burung lovebird yang menempel di jeruji sangkar sambil ngekek atau berkicau. Untuk lovebird ternak baik itu betina atau jantan, kebiasaan ini bisa jadi pertanda baik dan tak jadi masalah. Apalagi lovebird tersebut merupakan burung yang sering diikutkan dalam perlombaan. Namun untuk lovebird yang biasa diikutkan dalam suatu lomba atau lovebird harian, hal ini bisa jadi masalah besar pasalnya bisa berpengaruh pada performa suaranya. Jika lovebird Anda seperti itu, maka sulit sekali untuk mendapatkan ngekek terbaik pada saat lomba berlangsung. Sebagai permulaan, sebaiknya Anda tahu apa saja penyebab lovebird yang mengiggit jeruji atau ngeruji.

Penyebab Lovebird Gigit Ruji (Ngeruji)

1. Over Birahi
Burung lovebird yang over birahi memang bisa membawa banyak masalah bagi kelakuan burung. Salah satunya adalah lovebird yang ngeruji karena birahi yang terlalu tinggi. Selain itu, overbirahi juga bisa menjadi penyebab gesek tangkringan pada burung lovebird. Over birahi bisa terjadi dari cara Anda dalam merawat khususnya pemberian makanan, mandi, dan proses penjemurannya. Semuanya harus sesuai dengan karakter burung dan sebaiknya Anda lakukan percobaan dan jangan sampai overbirahi. baca juga : Cara mengatasi Lovebird Over Birahi (OB).

2. Kebiasaan
Banyak fator yang dapat menyebabkan lovebird ngeruji atau gigit ruji, salah satunya yaitu kebiasaan. Kebiasaan buruk tersebut terjadi ketika sang pemilik membiarkan lovebird ngekek sambil gigit ruji.

3. Perawatan yang Buruk
Cobalah untuk memberikan perawatan terbaik dari Anda karena dengan perawatan yang baik tentu juga berpengaruh pada kelakukan lovebird tersebut. Salah satunya adalah pemberian makanan dan minum yang baik.

Mandi juga bisa menjadi penyebab lovebird ngeruji karena mandi juga bisa meningkatkan birahi sang burung. Satu hal lagi, sebaiknya berikan tangkringan agar burung lebih ke tangkringan dari pada ke jeruji sangkar atau kandang.

4. Karakter
Membuat atau mencetak lovebird ngekek nagen durasi panjang memang perkara yang sulit. Terkadang atau bahkan banyak sekali lovebird yang memiliki karakter ngekek panjang dengan gigit ruji.

Nah jika kita sudah paham apa saja foktor penyebab lovebird ngekek sambil gigit ruji, maka sebaiknya kita mencari cara untuk mengatasinya. Di bawah ini cara mudah dan cepat untuk mengatasi lovebird gigit ruji saat sedang ngekek.

Cara Mengatasi Lovebird Gigit Ruji (Ngeruji)

1. Jangan Berikan EF
Jangan sekali-kali memberikan makanan EF pada burung yang sedang mengalami overbirahi yang menjadi penyebab burung gigit jeruji. EF yang paling berpengaruh adalah kangkung, jagung muda, kenari set, cangkang kerang, asinan, dan sebagainya. EF yang terlalu banyak bisa membuat birahi tinggi dan hal itu tidak baik bagi burung.

Sebaiknya pemberian EF Anda lebih dikontrol dan disesuaikan dengan kepribadian burung lovebird tersebut karena setiap burung berbeda. Bukan berarti makanan EF yang disebutkan tadi hanya itu saja, setiap makanan yang mengandung protein tinggi tidak diperbolehkan karena birahi tinggi bisa disebabkan karena protein yang terlalu banyak.

2. Mandi Sering atau Mandi Es
Dengan memandikan burung, bisa membantu dalam menurunkan birahi yang terlalu tinggi. Mandi yang sering bisa dilakukan dengan frekuensi sering juga seperti pada pagi hari, siang hari, sore hari, atau ditambah dengan malam hari.

Mandi yang terlalu sering tidak hanya bisa membuat birahi burung menjadi turun namun juga membantu dalam memelihara bulu dan kebersihan lebih terjaga. Namun secara normal, sebaiknya dilakukan dalam 2 kali sehari atau 1 kali sehari saja.

Untuk proses mandi es tidak sembarangan karena waktunya akan sedikit berbeda. Jangan mandikan burung dengan es langsung atau air dengan banyak es. Maksudnya adalah air dingin langsung dari kulkas dan sebaiknya dilakukan pada waktu pagi bukan malam. Sebelum melakukan mandi es pada pagi hari, sebaiknya lakukan pengembunan terlebih dahulu agar burung tak kaget dengan suhu dingin air es tersebut. Setelah itu, beri jeda sedikit sebelum dimandikan agar burung tak menggigil terlalu lama.

3. Merubah Posisi Tangkringan / Pangkringan
Banyak sekali metode untuk mengatasi lovebird ngekek sambil gigit ruji, ngerekel atau merambat, salah satunya yaitu dengan mengubah posisi tangkringan. Men setting tangkringan lovebird agar tidak gigit ruji saat ngekek merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para kicau mania.

Banyak sekali bentuk atau setingan tangkringan pada lovebird. Contohnya saja tangkringan model sejajar, atas bawah, tangkringan satu, tangkringan silang atau plus dan masih banyak bentuk yang lainnya. Cobalah cari satu persatu agar lovebird tidak gigit ruji saat ngekek panjang.

4. Dikawinkan
Selain over birahi dari cara perawatan Anda, ingin kawin atau telah mencapai masa reproduksi juga bisa menjadi penyebab utama burung yang gigit jeruji atau menempel terus di jeruji. Tidak hanya itu, gestang (Gesek tangkringan) juga menjadi ciri alamia burung yang dirawat jika kebelet kawin.

Jika memang iya, maka Anda boleh mencarikan pasangan untuk si burung dan tempatkan pada kandang ternak atau kandang yang luas agar kedua burung bisa kawin dengan leluasa. Cara ini menjadi cara terakhir dalam mengatasi lovebird gigit jeruji atau ngeruji.

5. Meminimalisir Kebiasaan Buruk
Cara mengatasi lovebird gigit ruji ketika ngekek yaitu dengan meminimalir kebiasaan buruk tersebut. Caranya yaitu dengan mencoba menghalangi dalam bentuk suara atau yang lain ketika lovebird sedang ngekek sambil gigit ruji.

6. Merubah Karakter
Menghilangkan merupakan kata yang sulit, akan tetapi merubah munkin sebuah tindakan yang pas. Memang ada lovebird yang memiliki karakter ngekek panjang sambil gigit ruji. Toh gimana lagi, sekarang banyak sekali event yang membuka kategori kelas lovebird bebas aksi.

Baca juga : Cara mengatasi Lovebird Ngeruji Ala Om Sigit Wmp

Namun ada cara untuk mengatasi lovebird gigit ruji ketika ngekek yaitu melatih atau membentuk karakternya sejak masih paud. Karena pembentukan karekter lovebird paud atau anakan akan lebih mudah dari pada dewasa.

Kesimpulannya, over birahi rata-rata mendominasi penyebab yang membuat lovebird gigit jeruji dan bertingkah aneh. Untuk itu, Anda hanya perlu mengontrol birahi burung agar tak terlalu tinggi namun tak terlalu rendah juga agar bisa mempertahankan performanya. Itulah pemahaman atau solusi tentang cara mengatasi lovebird gigit ruji atau ngeruji yang baik. Cara tersebut bisa saja anda terapkan untuk meminimalisir lovebird ngekek sambil gigit ruji dengan mudah di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Cara Mengatasi Lovebird Gigit Ruji (Ngeruji) Saat Ngekek Panjang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel