Cara Mengatasi Cendet Atau Pentet Over Birahi | BirdElite -->

Cara Mengatasi Cendet Atau Pentet Over Birahi

Cara Mengatasi Cendet Atau Pentet Over Birahi - Dalam merawat cendet/toet/penten pasti ada saja kejadian-kejadian yang ga di inginkan selama memeliharanya. Salah satunya seperti ketika cendet mengalami over birahi. Cendet Over Birahi harus segera ditangani, soalnya kalau sampai kelamaan maka cendet cenderung akan sulit kembali kepada kondisi normal birahinya. Untuk membuat cendet normal kembali birahinya memang diperlukan perhatian yang lebih.

Cendet atau Pentet yang mengalami over birahi biasanya akan berubah karakternya secara tiba-tiba, cendet menjadi galak dan sering menyerang apapun yang mendekat ke kandangnya. Bahkan jika kita ingin memberi pakan bisa jadi menjadi sasaran serangan si cendet, karena memang pada dasarnya cendet burung yang galak dan agresif apalagi kalo sedang OB. Cendet juga sering ngeruji, tidak nagen (tidak tenang, sering pindah-pindah atau loncat dari dasat kandang ke tangkringan). Selain itu juga cendet sering terlihat mencabuti bulunya sendiri.



Cara Mengatasi Cendet Atau Pentet Over Birahi

Ketika Cendet mengalami over birahi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Cara yang tepat mengatasi cendet over birahi tentu terlebih dahulu harus mengetahui penyebab cendet over birahi dan diterapkan solusi yang tepat. Jika tidak tahu penyebabnya bisa dicoba beberapa cara, ya di coba-coba saja perawatan mana yang tepat untuk mengatasi over birahi pada cendet.

Penyebab cendet over birahi yang pertama adalah faktor makanan, cendet yang kelebihan protein bisa mengalami over birahi, biasanya kelebihan protein ini berasal dari pemberian EF yang tidak pas atau berlebihan.

Cendet dalam sangkar memang tidak aneh jika mengalami over birahi, pasalnya cendet dalam sangkar tidak kawin/tidak dikawinkan jadi menyebabkan over birahi, apalagi jika sering melihat atau mendengar suara cendet betina. Jika sudah terlanjur over birahi maka bisa bisa dilakukan beberapa perawatan yang akan sudah saya sediakan di bawah ini.

Cara Mengatasi Cendet Over Birahi

  1. Kurangi EF, misalnya 1 jangkrik pagi hari dan 1 jangkring di sore hari. Tapi jika cendet kita over birahinya parah maka stop dulu pemberian EF nya.
  2. Kurangi jemur cendet, karena menjemur cendet bisa mengaktifkan hormon-hormon dan meningkatkan birahi cendet. Atau stop juga boleh, cukup angin-anginkan.
  3. Rajin-rajin memandikan cendet, mandi bisa mendinginkan badan dan menurunkan kondisi over birahi pada cendet. Waktu memandikan cendet bisa pagi, siang, sore, atau malam.
  4. Olahragakan cendet di kandang umbaran, agar kelebihan energi cendet bisa kebuang dan birahi bisa turun. Selain itu dengan olahraga di kandang umbaran cendet bisa mempunyai stamina yang lebih dan nafas yang panjang.
  5. Tips yang terakhir yaitu dengan mengawinkan cendet, ya over birahi bisa karena cendet ingin kawin, jadi dengan mengawinkannya bisa menurunkan birahinya.

Sekian artikel yang sudah coba saya buat dan bagikan ini, semoga dengan apa yang sudah saya bagikan ini, bisa bermanfaat dan berguna untuk kita yang ingin mengatasi ketikan burung Cendet atau Pentet Mengalami Over Birahi. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mengatasi Cendet Atau Pentet Over Birahi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel