Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Snot pada Lovebird | BirdElite -->

Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Snot pada Lovebird

Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Snot pada Lovebird - Cara untuk Mengatasi Penyakit Snot pada Lovebird ini tentunya harus anda ketahui sebagai kicau mania. Yang bisa saja hal ini terjadi pada burung kesayangan anda. Dan ada kesempatan yang indah ini kami ingin berbagi informasi sekaligus pengetahuan yang mungkin bermanfaat bagi anda.

Namun sebelum kita menuju pokok ulasannya, alangkah baiknya jika kita mengerti kan penyakit yang satu ini. Dimana memang penyakit snot ini menyerang pada mata burung jenis Lovebird. Akan tetapi jika kita tidak mengetahui penyebab dan bahkan ciri-cirinya tentu sulit untuk mengatasinya. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu penyebab, ciri dan cara mudah mengobati lovebird yang berpenyakit snot sebagai berikut.

Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Snot pada Lovebird

Penyebab, Ciri dan Cara Mudah Mengobati Lovebird Yang Berpenyakit Snot

1. Penyebab
Umumnya penyebab Snot ini ada pada 3 bagian ini, dimana bisa disebabkan oleh:
  • Cahaya Ekstrim – Hal ini dikarenakan pantulan dari semacam cermin dan sejenisnya, yang bisa memantulkan cahaya secara langsung ke sangkar burung. Maka dari itu,perhatikan lingkungan menyimpan burung agar terhindar dari efek pantul tersebut.
  • Asap – Dan untuk yang satu ini umumnya dari ketidaktahuan dan ketidaksengajaan. Yang memang tentu dalam rumah seringkali terdapat asap yang tidak bisa kita rasakan layanya burung. Sebagai contoh asap dari dapur yang seringkali kita anggap wajar, namun beresiko pada burung. Atau mungkin asap pembakaran lainnya seperti sampah yang cukup berbahaya pada burung.
  • Debu – Sedangkan untuk yang terakhir ini memang cukup sulit di prediksikan, namun tentunya bisa diatasi dengan pencegahan. Merawat atau menjaga kebersihan sangkar dan lingkungan merupakan salah satu pencegahannya.
  • Nutrisi – Kurangnya pemberian nutrisi berupa multivitamin dan antibiotic khusus untuk stamina serta pencegahan burung tetap sehat.

2. Ciri/Gejala
untuk poin ini pun tidak bisa terlihat dari satu gejala saja, namun anda perlu mencermatinya terlebih dahulu. Dan jika memang terlihat sesuai dengan beberapa ciri yang akan kami berikan, maka lanjutkan cara mudah mengobati lovebird yang berpenyakit snot ini. Dan ciri dan juga gejala penyakit Snot menyerang burung anda yang antara lain:
  • Burung tampak Lemas, tidak bergairah
  • Burung cenderung pasif, dan bahkan tidak mau makan sehingga terlihat kurus
  • Mata burung berlendir, atau juga terlihat seperti berair dan bahkan jika sudah cukup kronis akan muncul kelenjar diarea mata
  • Sekitar mata burung terjadi pembengkakan, terlihat sakit saat menutup kelopak matanya

3. Cara Mengatasi
Yang tentunya mengatasinya pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan teledor. Dan penyakit ini pun tidak bisa dianggap remeh, karena hal tersebut bisa menyebabkan kematian pada burung kesayangan anda. Maka dari itu, ikuti langkah berikut.
  • Kosongkan kandang atau pindahkan burung sakit kesangkar lain yang bersih. Dan bersihkan kandang lama menggunakan daun sirih yang sudah terpercaya memiliki kandungan antibiotic.
  • Disaat situasi atau kondisi sakit ini, hindari cahaya dan juga kontak langsung dengan cahaya matahari. Maka dari itu tempatkan burung pada ruangan minim cahaya
  • Jangan dulu dimandikan, karena akan menguras tenaga burung lebih banyak
  • Pemberian pakan milet baik merah ataupun putih tetap dijalankan namun harus lebih intensive, dimana EF seperti jagung mudah diberikan setiap hari. Namun untuk kangkung disarankan untuk tidak diberikan terlebih dahulu
  • Pemberian multivitamin pada air minumnya akan lebih baik dan jangan terlalu penuh (cukup ½ saja)
  • Rutin membersihkan mata Lovebird menggunakan kain halus dan air hangat
  • Tetesi dengan obat tetes khusus namun sesuaikan dengan kadar penyakitnya (bisa hingga 3x penetesan sehari). Obat tetes tersebut bisa anda dapatkan di tempat tempat pakan burung. Namun tetesi obat pada kedua matanya guna menghindari penyebaran bakteri. Dan juga sangat dianjurkan untuk menggunakan obat tetes berbahan alami seperti bunga kitolod, atau bisa juga dengan daun pegagan.
  • Sebagai tambahan bisa juga dibarengi dengan pengobatan lewat dalam tubuh. Dimana saat ini ada obat diminumkan dengan cara diteteskan langsung melalui paruh.

Dan itulah informasi yang mungkin bisa kami sampaikan pada kesempatan ini. Semoga ulasan mengenai Penyebab, ciri dan juga cara mudah mengobati lovebird yang berpenyakit snot ini bisa bermanfaat dan membantu kicaumania semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Snot pada Lovebird"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel